“AYO SKAK !” Permudah Pelayanan Penerbitan Akta Kematian

Wonogiri_Bulusulur,04/12/19,- Setelah di Launchingkannya Program AYO SKAK ! yang notabene adalah kembangan dari aplikasi loket adminduk online yang terintegrasi dengan pelayanan administrasi kependudukan di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Wonogiri, pada bulan November lalu.

Loket Online Desa Bulusulur yang selama ini melayani pelayanan administrasi kependudukan yang sudah berjalan sejak bulan April 2019 kemarin, mulai memproseskan AYO SKAK (Ayo Segera Kirim Akte Kematian) untuk warganya di Desa Bulusulur sejak akhir bulan November kemarin.

AYO SKAK adalah terobosan aplikasi Loket Adminduk Online yang di pergunakan khusus untuk pelayanan Akta Kematian warga yang meninggal pada hari itu juga, yang di proses minimal 4 jam sebelum jenazah di makamkan. Pelayanan ini hanya membutuhkan minimal Kartu Keluarga (KK) dari jenazah .

Dalam hal ini, aparatur pemerintah di lingkungan seperti halnya Ketua RT, Ketua RW, dan Kadus dituntut harus berperan aktif dalam setiap adanya kasus kematian. Karena yang pertama kali mengetahui adanya kematian salah satu warga adalah dari RT, RW maupun Kadus setempat.

Untuk itu, RT, RW, dan Kadus wajib melaporkan kematian warganya pada hari itu juga kepada loket online desa agar AYO SKAK bisa diproses. AYO SKAK dapat di proses selama hari kerja  apabila ada warga yang meninggal pada luar jam kerja dapat di laporkan keesokan harinya pada jam kerja, terutama untuk yang meninggal malam hari. Untuk warga yang meninggal pada hari libur loket online akan mendaftarkan pada hari tersebut, namun akan di proses setelah masuk hari kerja.

Kepala Dusun bulusari menyerahkan Akta Kematian Kepada Keluarga Ibu Sunarti yang meninggal pada hari ini

Hari ini Rabu, 04/12/2019, Loket Adminduk Online di Desa Bulusulur telah memproseskan AYO SKAK untuk yang kedua kalinya. Dan sekaligus memproseskan 2 layanan AYO SKAK dalam satu pagi. Pelayanan AYO SKAK hari ini dari Dusun Bulusari dan Dusun Bulusulur. Kadus dari masing-masing dusun langsung aktif menguruskan pelayanan kependudukan untuk warganya yang meninggal mulai dari membawa KK dan berkas pendukung lainnya ke Loket Adminduk Desa sampai dengan penyerahan kepada keluarga. _adminSID

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan