Sidak PSN Kepala Desa Bulusulur

Redaksi.sid 08/03/2018 Bulusulur- Mewaspadai perkembang biakan nyamuk di musim hujan ini terutama nyamuk aedes aegypti pada kesempatan hari ini jajaran pemerintah Desa beserta Babinsa dan Bidan Desa melakukan sidak PSN dan Pemantauan Jentik ke wilayah lingkungan RT 02 Rw 04 Dusun Bulusari Desa Bulusulur.

tempat berkembang biak nyamuk di luar rumah.

Serma Rojid selaku babinsa Desa bulusulur menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu langkah untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan arti penting Gerakan PSN, walaupun disetiap lingkungan wilayah Desa Bulusulur atau Dawis-dawis sudah melaksanakan gerakan PSN.

Babinsa menemukan jentik dipenampungan air dan mengurasnya.

 

Kepala Desa menghimbau warganya untuk rutin melaksanakan PSN tidak hanya kalau mau ada kunjungan.

 

Harapan dari Dwi Prasetyo , ST selaku kepala Desa Bulusulur warga secara rutin melakukan gerakan PSN walaupun dari dawis setempat sudah ada Jumantik ( Juru pemantau Jentik ) karena dari 28 sampel rumah yang disidak hari ini ada 7 rumah dilingkungan RT 02 RW 04 Dusun Bulusari yang positif ada jentiknya.

 

Menurut ibu ngatiyem istri dari bapak suratiman salah satu warga RT 02 RW 04 Dusun BulusariĀ  dia menguras bak kamar mandi setiap 1 minggu 2 kali tapi ketika sidak tadi ditemukan jentik juga, analisa dari Ida Kristiani Bidan Desa Bulusulur kemungkinan waktu menguras bak kamar mandi tersebut warga tidak menyikatnya sehingga setelah diisi air lagi telur dari nyamuk masih bisa menetas. kadang warga hanya fokus lingkungan didalam rumah padahal ketika musim hujan seperti saat ini lingkungan luar rumahpun perlu diperhatikan dan di waspadai kebersihannya terutama sampah botol atau cup bekas minuman yang dapat menampung air hujan dan dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

 

diharapkan warga peduli dan terus melaksanakan gerakan PSN karena PSN akan memutus siklus hidup dari nyamuk tersebut kegiatan PSN lebih efektif dari pada Fogging.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Desa Bulusulur sebagai upaya memantau kesadaran masyarakat akan GERMAS ( gerakan masyarakat hidup sehat ) dan upaya agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan